13 Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik Secara Alami dengan Benar

cara mengatasi kulit kering secara alami

Cara Mengatasi Kulit Kering – Pernahkah kalian mengalami kulit kering hingga bersisik? Pastinya kondisi semacam ini sangatlah mengganggu penampilan dan merusak kepercayaan diri. Apalagi jika kemunculannya disertai dengan gatal-gatal, kulit kemerahan, dan kasar di permukaannya.

Kondisi kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain cuaca ekstrem, suhu panas, paparan matahari, sabun, detergen, hingga usia yang semakin menua. Terlepas dari apa pun itu penyebabnya, kulit kering harus segera diatasi. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan tips-tips mengatasi kulit kering berikut.

Cara Mengatasi Kulit yang Kering Bersisik Secara Alami dengan Benar

1. Rajin membersihkan kulit

Kondisi kulit yang kotor dapat memicu penumpukan sel kulit mati yang pada akhirnya menyebabkan kulit kering. Oleh karena itu, mandi secara rutin sangat disarankan agar kulit memiliki kelembaban yang baik dan tak kusam. Pastikan setiap hari membersihkan tubuh dengan mandi minimal 2x sehari.

2. Mandi dengan cepat

Jangan terlalu lama menghabiskan waktumu untuk mandi. Sebab mandi terlalu lama (lebih dari 10 menit) justru membuat kulit mudah kering. Hal ini disebabkan karena mandi lama menyebabkan minyak alami di kulit terlarut dan hilang. Selain itu, daripada mandi dengan air panas sebaiknya mandilah dengan air yang sedikit hangat untuk membersihkan tubuh.

3. Gunakan pelembap setelah mandi

Mengoleskan pelembap sehabis mandi hukumnya wajib bagi kamu yang memiliki kulit kering. Oleskan setidaknya dua kali sehari untuk menjaga kelembapan kulit. Namun apabila kulit kamu masih kering cobalah mengoleskan lagi hingga beberapa kali.

Dilansir dari WebMD, Dr Leslie Baumann MD, menyarankan agar kita menggunakan pelembap yang mengandung asam laktat, shea butter, dan ceramides. Karena kandungan tersebut dapat melembapkan sekaligus mengangkat sel kulit mati penyebab bersisik.

4. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

cara mengatasi kulit kering secara alami


Sebaik apapun perawatan kulit yang kamu jalani akan sia-sia apabila pola makan sehat tidak dijaga. Makanan menentukan 70 % kondisi kulitmu saat ini. Oleh sebab itu, mulai sekarang sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi.

Mengonsumsi buah dan sayur secara rutin dapat mengembalikan kelembapan kulit dari dalam. Karena dalam buah dan sayur terkandung nutrisi yang menjadi makanan bagi kulit. Sebut saja seperti buah anggur, jambu biji, apel, brokoli, beras merah, alpukat, kacang-kacangan, dan sebagainya.

5. Minum air putih lebih banyak

Dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab kulit kering dan kusam. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan lebih banyak mengonsumsi air putih. Para ahli menyarankan agar kita minum minimal 2.5 – 3 liter atau setara 10 gelas sehari.

Agar tidak terasa mual ketika minum, sebaiknya kamu bagi menjadi beberapa sesi. Misalnya pagi 2 gelas, siang 3 gelas, sore 3 gelas, dan malamnya 2 gelas. Selain air putih, kamu juga bisa minum jus buah agar kulit lebih ternutrisi.

6. Rutin olahraga

Apakah kamu jarang melakukan olahraga? Hampir 50 % lebih penderita kulit kering disebabkan karena jarang berolahraga. Aktivitas fisik cukup penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, keluarnya keringat saat olahraga juga dapat memberikan kelembapan kulit secara alami.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup jalani jogging, sepeda santai, atau yoga selama 30 menit sehari. Meski singkat, olahraga-olahraga tersebut dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit luar dalam.

7. Lindungi kulit dari udara dingin

Udara yang dingin dapat mengurangi kelembapan kulit yang pada akhirnya menyebabkan kekeringan. Ketika udara sedang dingin, usahakan kamu selalu menggunakan pelembap dan pastikan melindungi tubuh dari udara dingin tersebut. Pakailah baju yang tebal ketika ingin keluar rumah. Bila perlu, gunakan pelindung tambahan seperti topi, kaus kaki, dan kaus tangan.

8. Lakukan pengelupasan

Eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit kering sangat berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, pelembap dapat meresap dengan baik. yang perlu diperhatikan, bedakan antara eksfoliasi kulit kering dengan kulit jenis lain. Pada kulit kering, upayakan selalu menggunakan bahan yang lembut dengan cara lembut pula.

9. Perawatan di malam hari

Perawatan tidak hanya dibutuhkan ketika siang hari saja. Dimalam hari pun kulitmu juga membutuhkan perawatan. Gunakan pelembap lebih tebal dari biasanya ke seluruh area kulitmu. Lamanya waktu tidur akan membantu memberikan waktu lebih panjang bagi pelembap untuk meresap ke kulitmu.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Masker Alami

cara mengatasi kulit wajah kering dengan masker alami

Bisa dibilang kulit wajah itu memiliki sifat yang berbeda dibandingkan bagian kulit lainnya. Oleh sebab itu, perawatannya pun juga harus berbeda. Berikut beberapa bahan alami yang aman digunakan untuk melembapkan wajah.

1. Madu alami

Bahan pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit wajah kering ialah madu. Yup, madu sudah dikenal sejak dulu sebagai agen mikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi. Tak hanya melembapkan kulit saja, tapi kandungan nutrisi lain dari madu juga bisa menjaga kulit tetap awet muda.

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan madu alami:

  • Sediakan madu asli secukupnya
  • Bersihkan wajah dengan sabun muka seperti biasa
  • Setelah kering, oleskan madu tersebut keseluruh bagian wajah merata sambil dipijat lembut
  • Diamkan selama 1-2 jam setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini secara rutin sebelum tidur

2. Lidah buaya

Lidah buaya tentu lebih dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk rambut. Manfaatnya antara lain menghitamkan rambut, mengatasi rambut kering, dan menyuburkannya. Namun selain itu, ternyata kandungan vitamin E pada lidah buaya juga efektif untuk menjaga kelembapan kulit secara alami.

Cara alami mengatasi kulit wajah kering dengan lidah buaya:

  • Siapkan lidah buaya yang masih segar atau baru dipetik seperlunya
  • Belah menjadi dua kemudian ambil gel yang ada didalamnya
  • Aplikasikan gel lidah buaya tadi secara merata keseluruh bagian wajah yang sudah bersih
  • Biarkan sejenak sampai terasa agak kaku sebelum membilasnya dengan air dingin.

3. Mentimun

Timun mengandung air yang banyak sehingga dapat memberikan kelembapan kulit secara alami. Selain itu, telah terbukti pula kandungan vitamin E pada biji timun sangat mujarab untuk mencegah kerutan di wajah.

Cara mengatasi wajah yang kering dengan timun alami:

  • Haluskan mentimun bersih berserta kulit dan bijinya memakai blender
  • Oleskan keseluruh bagian wajah secara merata sebagai masker
  • Diamkan sejenak sampai meresap sempurna kurang lebih 30 menit
  • Setelah itu bilas dengan air hangat untuk mengakhirinya.

4. Buah pisang

Satu lagi buah yang baik untuk mengatasi wajah kering, yaitu pisang. Buah ini memiliki potasium tinggi yang dapat mengunci kelembapan kulit dari dalam. Selain itu, kandungan vitamin E-nya juga baik untuk merawat kulit wajah.

Cara mengatasi kulit wajah kering dengan pisang alami:

  • Haluskan buah pisang yang sudah matang dengan sendok. Bila perlu campur dengan sedikit madu agar hasilnya lebih optimal
  • Pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih. Lalu oleskan masker pisang tadi secara merata keseluruh bagian wajah
  • Diamkan sebentar selama 30 menit agar meresap. Kemudian bilas dengan air dingin sampai benar-benar bersih.

Sebaiknya kulit kering jangan didiamkan begitu saja. Lakukan perawatan rutin dengan cara seperti yang sudah kami bagikan diatas, guna menghindari masalah lain yang lebih parah lagi. Jangan lupa berkonsultasi ke dokter jika kulit kering yang kamu alami semakin parah dari hari ke hari.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kering bersisik secara alami yang bisa kami sajikan. Apabila ada yang kurang jelas silahkan sampaikan di kolom komentar bawah.