10 Cara Cepat Mengatasi Mimisan dengan Benar Secara Alami yang Terbukti

cara mengatasi mimisan dengan cepat dan benar

Cara Mengatasi Mimisan - Hampir semua orang tentu pernah mengalami yang namanya mimisan. Kondisi ini cenderung menakutkan dan mengakibatkan kepanikan terutama jika terjadi pada anak-anak dan lansia. Perlu diketahui epistaksis atau mimisan merupakan kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak mengancam jiwa.

Mimisan merupakan pendarahan yang terajdi pada lubang hidung. Darah dapat keluar dari salah satu lubang hidung atau keduanya dengan durasi yang berbeda. Ada yang mengalami hanya dalam beberapa detik, serta ada pula yang mengalaminya lebih dari 10 menit tergantung penyebabnya.

Sejauh ini ada beberapa kelompok yang memiliki risiko besar terkena mimisan. Antara lain anak berusia mulai dari 2 sampai 10 tahun, lansia, ibu hamil, dan seseorang yang sering mengonsumsi obat pengencer darah (seperti aspirin) dan obat antikoagulan, serta pengidap kelainan darah seperti hemofilia.

Gejala-Gejala Mimisan yang Harus Diwaspadai

Mimisan biasanya tidaklah berbahaya dan tidak perlu penanganan medis. Tetapi meski demikian, kamu perlu waspada karena kondisi ini bisa menjadi indikasi penyakit tertentu. Beberapa indikasi mimisan yang perlu diwaspadai antara lain.
  • Mimisan berlangsung selama 30 menit lebih. Jika mengalami kondisi ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
  • Mimisan yang terjadi pada anak dibawah usia 2 tahun.
  • Mimisan dengan volume keluarnya darah yang besar.
  • Mimisan yang terjadi setelah operasi di daerah hidung atau sinus.
  • Detak jantung tidak beraturan.
  • Mimisan yang sering terjadi dalam waktu singkat.
  • Kesulitan bernapas seperti sesak.
  • Mimisan yang terjadi setelah mengonsumsi obat-obatan.
  • Muntah darah karena menelan terlalu banyak darah.
  • Demam tinggi serta mengalami ruam di kulit.
  • Mimisan yang muncul setelah kamu mengalami benturan atau cedera.
  • Mimisan yang disertai dengan keluarnya darah di bagian tubuh yang lainnya.
NB: jika kamu atau anak mengalami gejala mimisan seperti diatas sebaiknya segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Benar Sesuai Saran Dokter

cara mengatasi mimisan dengan cepat dan benar

Mimisan termasuk kondisi yang bisa ditangani sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara menghentikan mimisan dengan benar dari para dokter.

1. Duduklah tegak dan jangan berbaring

Posisi duduk akan mengurangi tekanan pada bagian pembuluh darah hidung sehingga dapat menghentikan pendarahan yang terjadi.

2. Condongkan tubuh ke depan

Mencondongkan tubuh ke depan bertujuan agar darah tidak masuk ke tenggorokan. Sebab jika masuk nanti bisa berisiko menyebabkan iritasi atau peradangan.

3. Keluarkan semua dan buang darah yang berada dalam mulut

Darah mimisan memiliki rasa agak aneh. Ditakutkan apabila masuk ke mulut akan mengakibatkan muntah-muntah. Oleh sebab itu, sebaiknya keluarkan semua darah yang mengalir terutama di dalam mulut.

4. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memencet hidung kurang lebih selama 10 menit

Langkah keempat ini akan memberikan tekanan pada sumber pendarahan sehingga menghentikan keluarnya darah. Sedangkan untuk jalan pernapasan kamu bisa melalui mulut dulu.

5. Letakkan kompres dingin pada pangkal hidung

Sambil memencet hidung, kamu bisa mengambil kompres dingin kemudian meletakkannya di pangkal hidung. Sensasi dingin akan membantu proses pembekuan darah sehingga pendarahan akan segera berhenti.

Selain penanganan diatas, kamu juga bisa mencoba pengobatan alami dengan menggunakan tanaman herbal. Berikut beberapa obat mimisan alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

cara mengatasi mimisan dengan cepat dan benar

Daun sirih

Ada dua cara menggunakan daun sirih sebagai obat mimisan. Pertama kamu bisa meremas-remas daun ini kemudian menggunakannya untuk kompres di bagian pangkal hidung. Yang kedua kamu bisa menggulungnya kemudian sumbatkan di lubang hidung yang mengalami mimisan.

Kacang tanah

Sediakan 25 gram kacang tanah (sudah dikuliti) dan 400 cc air bersih. Rebus kacang tanah tadi hingga menjadi 200 cc. Selanjutnya minum rebusan kacang tanah tersebut selagi masih hangat. Senyawa mineral dari kacang tanah dapat membantu menghentikan mimisan dari dalam.

Akar alang-alang

Berikutnya kamu bisa mencoba akar alang-alang. Siapkan sekitar 60 gram akar alang-alang, lalu rebus bersama dengan 400 cc air bersih sampai mendidih dan menjadi 200 cc. Saring air rebusannya kemudian minum 2x sehari.

Pegagan

Pegagan juga menjadi obat mimisan tradisional yang banyak digunakan oleh orang jaman terdahulu. Caranya rebus 60 gram pegagan dalam 400 cc air. Diamkan sampai mendidih dan menghasilkan 200 cc air. Konsumsilah air rebusan tersebut 2x sehari.Biasanya hanya satu kali konsumsi mimisan sudah sembuh.

Akar teratai

Sedangkan bagi kamu yang di rumahnya masih mudah menemukan akar teratai silahkan gunakan sebagai obat mimisan. Pertama sediakan 200 gram akar teratai lalu haluskan dan peras sampai menghasilkan air. Gunakan air perasan ini dengan cara meneteskan ke bagian lubang hidung yang bermasalah.

Apabila mimisan yang kamu alami sudah berhenti, usahakan jangan membuang ingus, membungkuk, ataupun melakukan aktivitas berat setidaknya 24 jam. Langkah ini juga bertujuan untuk mencegah iritasi pada hidung.

Itulah beberapa cara mengatasi mimisan yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Jika 20 menit setelah menerapkan salah satu cara diatas mimisan belum sembuh, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.