7 Cara Mengatasi Rambut Bercabang dengan Benar Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Bercabang – Semua orang baik itu cewek ataupun cowok tentu menginginkan rambut yang halus dan berkilau. Tak heran, berbagai macam perawatan pun mereka tempuh untuk mendapatkannya. Sampai-sampai ada yang habis uang jutaan hanya untuk mengatasi rambut bercabang saja.

Rambut bercabang menjadi masalah yang sering menyerang para cewek, apalagi kamu yang jarang memperhatikan kesehatan rambut pasti mengalaminya. Namun tak perlu cemas, kali ini saya akan share beberapa cara jitu mengatasi rambut bercabang tanpa perawatan salon mahal. Penasaran kan? Yuk simak berikut ini!

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami yang Benar 

1. Telur ayam kampung

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Penyebab paling sering rambut bercabang ialah kurangnya nutrisi dan perawatan. Nah untuk memenuhinya, kamu bisa menggunakan masker kuning telur ayam kampung. Dengan kandungan protein, vitamin B, dan mineral alami lainnya, telur ini tak hanya efektif atasi rambut bercabang saja, tapi juga membantu mempercepat proses pertumbuhan rambutmu.

Cara mengatasi rambut bercabang dengan telur:
  • Sediakan 1 butir kuning telur, 1 cangkir susu, 2 sendok makan perasan lemon, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya kocok telur dan campur dengan bahan lainnya.
  • Aplikasikan ramuan ini keseluruh bagian rambutmu. Pijat sebentar selama 5 menit setelah itu diamkan setengah jam. Bila perlu tutup dengan handuk hangat.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.


2. Masker pisang

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Pisang kaya akan kandungan potasium, antioksidan, minyak alami, serta vitamin yang cukup baik untuk kesehatan rambut kita. Kandungan tersebut mampu memperbaiki kerusakan rambut, termasuk salah satunya rambut bercabang. Oleh sebab itu, gunakan pisang sebagai masker rambut secara rutin sehabis mandi.

Cara mengatasi rambut bercabang dengan pisang:
  • Siapkan dua buah pisang berukuran sedang, 1 sendok teh minyak kelapa, dan 1 sendok teh madu alami.
  • Haluskan semua bahan tadi dengan menggunakan blender. Bila terlalu pekat tambahkan sedikit air agar nantinya lebih mudah diaplikasikan.
  • Sekarang oleskan keseluruh bagian rambut dan kulit kepalamu secara merata sambil dipijat lembut. Bila sudah agak mengering bilas dengan keramas.


3. Masker yogurt

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Yogurt emang cukup baik untuk menjaga sistem cerna kita. Tetapi tahukah, ia juga diperkaya akan kandungan vitamin B, vitamin D, dan protein yang bisa membantu memperbaiki rambut bercabang. Cukup kombinasikan dengan madu dan cuka apel, kamu tak perlu melakukan perawatan mahal untuk atasi rambut bercabang.

Cara mengatasi rambut bercabang dengan yogurt:
  • Haluskan semua bahan yang diperlukan dengan menggunakan blender.
  • Langsung aplikasikan keseluruh bagian kulit kepala kemudian diamkan selama 15 menit agar meresap sempurna.
  • Jika dirasa sudah bilas dengan memakai air dingin sampai bersih.


4. Minyak kelapa

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Satu lagi minyak esen yang cukup baik untuk perawatan rambut. Yup, dia adalah minyak kelapa. Minyak ini kaya akan kandungan beta-karoten dan protein. Dimana menurut penelitian, dua nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan rambut mulai dari akar sampai ujungnya.

Aplikasikan minyak kelapa seminggu minimal 2x untuk mendapatkan hasil terbaik. Waktu yang tepat menggunakan minyak ini ialah setelah keramas dan sebelum tidur malam. Bila perlu, kombinasikan dengan masker rambut lain agar lebih top.

5. Potong bagian ujung rambut

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Rambut bercabang memang menjengkelkan sekali. Selain menyebabkan rambut terasa kasar, jika tidak segera dipotong percabangan rambut akan merambat lebih jauh dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

Oleh sebab itu, sebaiknya rutinkan memotong bagian ujung rambut tiap 6-8 minggu. Potong dengan menggunakan gunting yang cukup tajam. Karena jika potongannya tidak lurus nanti justru akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah lagi.

6. Gunakan pelembab rambut secara rutin

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Sebelum tidur usahakan menggunakan pelembab rambut secara rutin. Setelah mengaplikasikan pelembab, tidurlah dengan menggunakan penutup rambut atau lapisi bantal dengan handuk agar tidak mengotori tempat tidurmu. Lakukan minimal seminggu sekali untuk hasil terbaik.

Pelembab sangat dibutuhkan oleh rambut yang bercabang. Jika rambut selalu terkondisikan lembab, maka secara perlahan akan membantu menguatkannya dan memperbaiki kerusakan yang ada. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya.

7. Cukupi kebutuhan nutrisi rambut

cara mengatasi rambut bercabang secara alami

Mencukupi nutrisi rambut hukumnya wajib bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini. Bagaimana pun kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan rambut kusam, lemah, dan bahkan rontok. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan rambut ialah vitamin A, omega-3, dan zinc.

Konsumsilah bayam dan wortel untuk mendapatkan vitamin A, salmon untuk memperoleh asupan omega-3, kerang dan kacang untuk mendapat zinc. Selain itu, biji-bijian utuh, produk rendah lemak, serta sayuran bisa membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat. 

Itulah ulasan singkat bagaimana cara mengatasi rambut bercabang yang benar secara alami. Bagaimana gampang banget kan? Apabila ada yang kurang jelas langsung saja sampaikan di kolom komentar ya. Selamat mencoba.