16 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Tanpa Semir dengan Cepat

cara menghitamkan rambut alami dengan cepat

Cara Menghitamkan Rambut Alami – Orang Indonesia identik dengan rambut yang hitam legam. Rambut yang hitam selalu dianggap subur dan sehat. Tak heran, banyak yang ingin memiliki rambut hitam agar mereka lebih percaya diri dalam berpenampilan. Apakah kamu salah yang memimpikan?

Menghitamkan rambut bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara. Beberapa mungkin memilih semir dengan alasan lebih cepat alias instan. Tapi tahukah, sebetulnya bahan sintetis yang ada pada semir justru dapat merusak rambutmu? Salah satu efek samping akibat semir ialah munculnya rambut beruban.

Penyebab Rambut Beruban dan Memerah
  • Faktor genetik (keturunan): rambut beruban akan 4x lipat lebih cepat muncul untuk mereka yang berasal dari keturunan pemilik rambut uban di usia muda dulu. Jadi coba tanyakan, apakah ayah/ibu kalian dulu juga memiliki uban di usia muda?
  • Sering terpapar sinar matahari: setiap hari terkena paparan sinar matahari (UV) membuat pigmentasi rambut terganggu. Akibatnya, rambutmu pun akan memerah dan bahkan muncul uban.
  • Shampo yang tidak cocok: beberapa shampo mengandung bahan kimia seperti alkohol dapat memudarkan warna rambut. Apalagi jika itu digunakan bertahun-tahun, maka akan berakibat pada kerontokan permanen.
  • Pemakaian gel rambut: dalam gel terkandung bahan yang mirip seperti lem. Kalau rambut yang sudah diberi gel terkena sinar matahari terus-menerus, maka akan menyebabkan rambut menjadi memerah dan bahkan ubanan lebih cepat.
  • Pengering rambut: sifat panas dari hairdryer sebetulnya dapat merusak rambut. Selain memudarkan warnanya, penggunaan pengering rambut ini juga dapat mengakibatkan rambut kusam dan mudah rontok.

Cara Alami Menghitamkan Rambut dengan Cepat Tanpa Semir

Dari pada uangmu dihabiskan untuk beli semir mahal atau perawatan salon, mendingan terapkan cara alami terlebih dulu. Bahan-bahan alami yang akan kami sajikan ini sudah dipercaya sejak dulu sebagai penghitam rambut. Jadi, tak usah ragu lagi dengan keampuhannya.


1. Biji pepaya
cara menghitamkan rambut alami tanpa semir

Biasanya biji pepaya dibuang, atau paling tidak ditanam di pekarangan. Namun mulai sekarang kamu bisa menggunakan biji satu ini untuk perawatan. Khasiatnya jelas, biji pepaya mengandung mineral alami yang dapat mengoptimalkan pigmentasi, menjaga kelembaban rambut, dan mencegah timbulnya uban.

Cara menghitamkan rambut dengan biji pepaya:
  • Sediakan sebanyak 40 butir biji pepaya yang baru saja diambil dari buahnya. Kemudian sangrai tanpa memakai minyak hingga kering.
  • Tumbuk halus semua biji pepaya sangrai tadi. Selanjutnya campur bersama air hangat sampai membentuk adonan agak encer.
  • Sebelum mandi basuhkan adonan tadi keseluruh bagian rambutmu. Diamkan sebentar selama setengah jam sebelum membilasnya dengan keramas.

2. Teh hitam basi

cara menghitamkan rambut alami dengan cepat dan mudah

Banyak yang menganggap teh basi itu tidak berguna dan menyebabkan penyakit jika diminum. Padahal menurut penelitian, dalam teh basi tersebut ada kandungan zinc, vitamin, kalsium, dan berbagai mineral yang baik untuk pigmentasi rambut alami. Apabila digunakan rutin, teh basi juga bisa membantu mengatasi ketombe membandel di kulit kepala.

Cara menghitamkan rambut dengan teh basi:
  • Seduh teh dengan memakai air panas dan diamkan selama semalaman. Ingat, tanpa gula ya.
  • Saat pagi hari basuhkan seduhan teh tersebut keseluruh bagian rambutmu secara merata. Jangan lupa pijat sebentar agar meresap sempurna.
  • Apabila sudah setengah jam atau mulai mengering silahkan bilas dengan keramas.

3. Lidah buaya

cara cepat menghitamkan rambut dengan bahan alami

Ketika memimpikan rambut hitam banyak yang menyarankan agar kita pakai lidah buaya. Yup memang benar, bahan ini memang sudah terkenal sejak dulu baik untuk perawatan rambut. Tak hanya menghitamkan saja lho, tapi lidah buaya juga bisa menjaga kelembaban rambut dan menyuburkan secara alami. Khasiat inilah yang membuat lidah buaya banyak diekstrak dalam berbagai produk shampo.

Cara alami menghitamkan rambut dengan lidah buaya:
  • Siapkan lidah buaya segar yang baru saja dipetik
  • Ambil gel yang ada dalam lidah buaya tersebut. Selanjutnya pijatkan keseluruh bagian kulit kepala 1 jam sebelum keramas
  • Lakukan rutin minimal 3x seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Kopi hitam

cara menghitamkan rambut alami dengan cepat

Tak ada teh, kopi pun jadi! Keduanya memiliki manfaat yang sama dalam hal merawat dan menghitamkan rambutmu. Kopi hitam memiliki kandungan kafein yang dapat mengoptimalkan produksi sel rambut baru. Dengan demikian, selain hitam rambutmu pun juga akan nampak lebih subur, kuat, dan sehat alami.

Cara menghitamkan rambut dengan kopi hitam:
  • Seduh kopi pakai air panas tanpa gula seperti biasa. Kemudian diamkan sampai dingin
  • Pisah ampasnya dengan cara menyaring. Setelah itu cuci rambutmu dengan menggunakan air kopi tersebut hingga beberapa kali
  • Akhiri dengan keramas seperti biasanya.

5. Minyak kemiri

cara menghitamkan rambut secara alami dengan cepat

Kemiri sejak dulu telah dipercaya sebagai bahan tradisional penghitam rambut. Minyak ini pun banyak diekstrak ke berbagai produk perawatan. Tak hanya itu, penggunaan minyak kemiri secara rutin juga dapat menjaga rambut tetap berkilau alami. Jadi, sekali pakai kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus ‘kan?

Cara menghitamkan rambut dengan minyak kemiri:
  • Sangrai kemiri sampai kering tanpa menggunakan minyak. Selanjutnya tumbuk kemiri tersebut hingga menghasilkan cairan yang mirip dengan minyak.
  • Gunakan minyak hasil tumbukan tadi secara merata keseluruh bagian kulit kepalamu sambil dipijat lembut. Apabila sudah agak kering bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

6. Minyak kelapa dan lemon

cara menghitamkan rambut secara alami dengan cepat

Untuk kamu yang memiliki tipe rambut kering, sangat direkomendasikan pakai bahan ini. Perpaduan antara minyak kelapa dan lemon bisa menjadi pelembab alami rambut yang sekaligus dapat mengangkat warna rambut hitam. Bahkan kandungan protein dan vitamin E-nya juga berguna memperkuat rambutmu.

Cara menghitamkan rambut dengan minyak kelapa:
  • Siapkan minyak kelapa dan perasan lemon secukupnya disesuaikan dengan panjang rambutmu. Campurkan kedua bahan tersebut.
  • Oleskan secara merata keseluruh bagian kulit kepala sambil dipijat lembut selama kurang lebih 10 menit. Bila sudah bilas dengan keramas sampai bersih.

7. Santan kelapa

cara alami menghitamkan rambut dengan cepat

Santan kelapa cenderung lebih mudah dibuat daripada minyak kelapa. Untuk masalah khasiat, sebetulnya keduanya sama saja kok. Santan kelapa kaya akan kandungan protein yang dapat mengoptimalkan pigmentasi rambut alami. Penggunaan santan kelapa secara rutin akan membantu menumbuhkan serta mencegah kerusakan rambut akibat sinar matahari.

Cara menghitamkan rambut dengan santan kelapa:
  • Parut kelapa lalu rendam dalam sedikit air untuk menghasilkan perasan yang sedikit kental.
  • Gunakan perasan tadi untuk membasahi rambut mulai dari ujung hingga akar sambil memijat lembut.
  • Jika dirasa sudah cukup maka diamkan selama 30 menit supaya meresap. Akhiri dengan keramas sampai bersih.

8. Minyak zaitun

cara menghitamkan rambut dengan cepat secara alami

Menurut penelitian di Arab Saudi, minyak zaitun mengandung biotin, niacin, vitamin E, dan D yang cukup berguna untuk memperbaiki kerusakan rambut. Pemakaian minyak zaitun sebelum beraktivitas dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang bisa mengakibatkan perubahan warna rambut, mencegah kerontokan, dan mengembalikan kesuburan rambut secara alami.

Cara menghitamkan rambut dengan minyak zaitun:
  • Bersihkan rambutmu dahulu dari debu atau kotoran yang menempel. Agar nanti kandungan nutrisi dari minyak zaitun dapat terserap maksimal
  • Oleskan minyak zaitun secara merata keseluruh bagian rambutmu. Pijat-pijat sebentar kurang lebih selama 15 menit, lalu diamkan satu jam agar meresap.
  • Bila dirasa sudah cukup bilaslah dengan keramas mamakai shampo.

9. Kacang kenari hitam

cara menghitamkan rambut secara alami dengan cepat

Masih belum banyak yang tau khasiat kacang kenari hitam. Salah satunya ia kaya akan antioksidan yang dapat melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Bila sirkulasi darah lancar tentu pembentukan melanin juga akan berjalan lancar pula.

Cara menghitamkan rambut dengan kacang kenari hitam:
  • Geprek kasar segenggam kacang kenari hitam. Kemudian rebus dalam panci hingga mendidih.
  • Biarkan rebusan tadi sampai dingin, lalu saring dan pisahkan dengan ampasnya.
  • Gunakan air rebusan tadi untuk membasuh kulit kepala secara merata. Diamkan sejenak selama satu sampai dua jam, kemudian akhiri dengan keramas.
Note: lakukan perawatan-perawatan diatas maksimal 3x dalam seminggu untuk memperoleh hasil terbaik.

*Cara selebihnya akan saya update minggu depan

Bagaimana, gampang banget kan? Tentu, mulai sekarang kamu tak perlu lagi beli semir mahal atau melakukan perawatan salon hanya untuk mendapatkan rambut hitam. Bahkan selain menghitamkan, bahan alami diatas juga berguna untuk menyuburkan dan menjaga rambutmu dari kerusakan. Yuk segera praktekkan!