12 Cara Membasmi Semut Hingga ke Sarangnya Paling Ampuh

cara membasmi semut hingga ke sarangnya terbukti

Cara Mengusir Semut – Meski keberadaannya kadang berguna, seperti membersihkan remah-remah makanan yang tercecer di lantai, tapi semut juga banyak menjengkelkannya. Rombongan semut yang entah dari mana munculnya suka secara tiba-tiba. Apalagi ketika ada makanan manis, tak perlu waktu lama mereka pun akan langsung menyerbu sumber rasa manis tersebut. Kan ngeselin banget yak!

Mungkin kamu pernah berpikir ingin pakai pestisida saja untuk membasmi semut seketika. Akan tetapi ingat, pestisida itu sendiri berbahaya bagi manusia dan lingkungan, terutama untuk anak-anak akan sangat berisiko menyebabkan keracunan. Nah, kali ini kak silmika akan bagikan beberapa trik mudah membasmi semut sampai ke sarang-sarangnya, yang pasti tanpa bahan kimia berbahaya.

Cara Mengusir Semut Sampai ke Sarangnya Tanpa Bahan Kimia

1. Air dan sabun

cara membasmi semut secara alami

Tahukah, sebetulnya larutan air dan sabun bisa membasmi semut? Yup, air dan sabun/detergen dapat memecah lapisan lilin rangka luar pada semut, sehingga membuatnya dehidrasi kemudian mati secara perlahan.

Cara membasmi semut dengan air dan sabun:
  • Campurkan air dan sabun atau detergen secukupnya
  • Masukan larutan tadi kedalam botol spray agar mudah digunakan
  • Semprotkan cairan ini langsung ke gerombolan semut, jalan masuk semut, atau ke sarangnya.

2. Garam dan lada

cara membasmi semut secara alami

Jika di rumah tak ada sabun atau detergen, kamu bisa gunakan garam dan lada. Dua bumbu dapur ini memiliki sifat panas yang bisa membunuh koloni semut dalam jumlah besar.

Cara mengusir semut dengan garam dan lada:
  • Sebarkan campuran antara garam dan lada di sudut ruangan atau sarang semut
  • Cara lainnya, kamu bisa melarutkan garam dan lada kemudian menyemprotkannya ke semut langsung atau sarangnya.

3. Soda kue

cara membasmi semut secara alami

Aroma dari soda kue akan mengecoh para semut untuk pergi menghindar karena mengira bahwa area tersebut sudah dikuasai oleh koloni semut lainnya. Kamu bisa menaburkan ke area sarangnya langsung. Meski tidak mati seketika, minimal sudah mengusir mereka dari rumahmu.

Cara membasmi semut dengan larutan soda kue:
  • Masukan beberapa sendok soda kue kedalam botol
  • Tambah air secukupnya hingga tercampur merata
  • Semprotkan cairan ini ke sarang semut agar kawanan tersebut menjauhi rumahmu. Gampang kan?

4. Gunakan parfum

cara membasmi semut secara alami

Pada dasarnya, semut sangat sensitif dengan bau-bauan yang menyengat. Nah kelemahan inilah yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu sumber bau menyengat yang bisa kamu gunakan ialah dari parfum.

Cara mengusir semut dengan semprot parfum:
  • Pertama celupkan bola kapas kedalam larutan parfum. Atau kamu bisa menyemprotkannya
  • Letakan bola-bola kapas tadi ke area yang ingin terbebas dari semut

5. Perasan air lemon

cara membasmi semut secara alami

Lemon seringkali dijadikan sebagai bahan pengharum ruangan. Ternyata selain segar, ia juga bisa lho membasmi semut dan serangga lainnya. Sebab buah ini mengandung asam sitrat yang bisa membuat tubuh semut meradang.

Cara membasmi semut dengan lemon:
  • Campurkan perasan air lemon dengan air biasa seperlunya
  • Masukan kedalam sebuah botol spray kemudian gunakan untuk menyemprot di sudut-sudut ruangan rumah

6. Cuka

cara membasmi semut secara alami

Cuka memiliki senyawa asam yang cukup tinggi, bahkan bisa mengalahkan kandungan asam pada lemon. Apabila cairan tersebut terkena tubuh semut maka ia akan merasa pedih dan akhirnya mati.

Cara mengusir semut dengan cuka:
  • Campurkan cuka bersama dengan air seperlunya
  • Masukan kedalam botol spray lalu semprotkan keseluruh tempat masuknya semut
  • Setelah cuka mengering ulangi proses seperti ini selama beberapa hari, sehingga dapat mencegah semut datang kembali.

7. Mentimun
cara mengusir semut dengan cepat

Fakta selanjutnya ialah semut sangat tidak suka dengan timun. Meskipun belum diketahui secara pasti zat apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi, tapi yang jelas timun bisa kamu manfaatkan untuk mengusir semut dari rumah.

Cara membasmi semut dengan mentimun:
  • Letakan potongan mentimun di titik yang sering dilalui oleh semut
  • Bisa juga diblender kemudian meletakannya di tempat yang menjadi sarang semut rumahmu.

8. Bedak bayi

cara mengusir semut dengan cepat

Berbicara mengenai bahan yang dibenci oleh semut, mungkin bedak bisa jadi salah satunya. Bedak bayi sangat tidak disukai oleh semut karena bersifat seperti tepung. Kamu bisa menaburkan bedak bayi ke bagian yang sering dilalui semut, sarangnya, atau ke gerombolan semutnya langsung.

9. Ampas kopi


cara mengusir semut dengan cepat

Menurut penelitian, bubuk kopi memiliki bau menyengat yang dapat mengganggu indera penciuman dan penglihatan semut. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan buang ampas kopi yang sudah kamu minum sebelumnya.

Kamu tinggal menaburkan bubuk kopi ke area yang ingin terbebas dari serangan semut. Bisa di sudut ruangan, sarangnya, atau area sekitar makanan. Ampas kopi yang ditaburkan di taman juga bisa menjauhkan semut dari tanaman.

10. Kapur

cara mengusir semut dengan cepat

Sebetulnya semua jenis kapur itu bisa lho mengusir semut, tidak hanya kapur berlabel pembasmi serangga saja. Hal ini sudah saya buktikan sendiri. Semut tidak akan berani menyebrangi garis yang dibuat dengan kapur apapun.

Kamu cukup gambar garis mengelilingi makanan atau disekitar sarang semut. Coba lihat, mereka tak akan berani melewati garis tersebut, meski kamu hanya menggunakan kapur tulis biasa.

11. Kulit telur ayam


cara mengusir semut dengan cepat

Mungkin masih belum banyak yang tau kalau sebetulnya kulit telur ayam pun bisa dipakai untuk mengusir semut. Caranya sangrai kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuk hingga halus seperti bubuk kopi. Selanjutnya taburkan ke tempat yang ingin terbebas dari koloni semut.

12. Tepung-tepungan

cara mengusir semut dengan cepat

Semut tidak menyukai adanya tepung-tepungan disekitar sarangnya karena dianggap sebagai perusak sarang, mengotori, dan menghalangi jalan keluar-masuk kawanannya.
Oleh sebab itu, sebarkan tepung-tepungan ke area sarang semut supaya mereka segera sirna. Kamu bisa menggunakan tepung jenis apapun, misalnya tepung terigu, maizena, tepung kanji, dsb.

Bagaimana, gampang banget kan?

Pada dasarnya semua cara diatas sama ampuhnya. Yang terpenting pilihlah cara mana yang menurutmu paling mudah. Sekian cara membasmi semut tanpa bahan kimia. Selamat mencoba dan jangan lupa share bila bermanfaat yah! 😊


Share this article :