9 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami yang Benar

Cara Menghilangkan Bau Badan – Banyak yang menduga bau badan itu disebabkan karena keringat, padahal sebetulnya tidak. Bau badan dapat muncul karena bakteri yang mengubah keringat kita menjadi asam. Keringat sendiri pada dasarnya tidak memiliki bau sama sekali.

Bau badan dapat menyebabkan siapapun kurang percaya diri, apalagi ketika berdekatan dengan orang lain. Meskipun sudah dandan rapi serta rupawan, tetap saja bau badan akan membuat penampilanmu hancur total. Oleh sebab itu, sebelum memulai aktivitas penting sekali untuk atasi bau badan!

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami
Menurutku jaman sekarang itu yang terpenting adalah penampilan. Nggak perlu pakai baju mahal dan tampang rupawan kok, asalkan dia wangi rasanya semua itu sudah termaafkan, Nendra 21 tahun.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami yang Benar

1. Mandi secara teratur 2x sehari

Tak cuman mix and match pakaian saja, kamu juga harus menjaga kebersihan tubuh mulai dari sekarang. Mandi secara teratur hukumnya wajib bagi kamu yang pengen aroma tubuh harum sepanjang hari. Bila perlu, gunakan sabun antibakterial agar semua bakteri penyebab bau badan sirna.

Selain mandi secara teratur, perhatikan juga handuk yang kamu gunakan. Cucilah handuk secara rutin seminggu sekali agar tidak menjadi sarang bakteri. Percuma kan kamu mandi bersih berjam-jam, tapi ujung-ujungnya pakai handuk yang penuh bakteri lagi.

2. Gunakan deodorant atau antiperspirant

cara menghilangkan bau badan secara alami

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, pastikan kamu selalu menggunakan deodorant atau antiperspirant. Banyak yang menganggap dua produk ini memiliki manfaat yang sama, padahal tidak demikian.

Deodorant berguna untuk menyegarkan serta memberi keharuman tubuh. Sedangkan anti perspirant bertugas untuk menghambat keluarnya keringat, dengan kandungan zat aktif yang salah satunya alumunium.

Akan tetapi kamu tak perlu menggunakan keduanya. Karena saat ini telah banyak produk deodorant yang sudah merangkap juga sebagai anti perspirant. Oleh sebab itu, pastikan kamu menggunakan deodorant yang juga mengandung anti perspirant di dalamnya.

3. Gunakan baju yang mudah menyerap keringat

Memang keringat bukan penyebab bau badan, tapi dari keringat yang banyak inilah nantinya akan memicu perkembangbiakan bakteri. Agar keringat tidak banyak keluar, sebaiknya kamu gunakan baju yang mudah menyerap keringat.

Misalnya baju yang berasal dari bahan katun atau sejenisnya. Intinya gunakan baju yang tidak membuatmu gerah, sehingga meminimalisir keluarnya keringat. Bila perlu bawalah tisu atau lap khusus untuk membersihkan keringat.

4. Hindari makanan penyebab bau badan

cara menghilangkan bau badan secara alami

Mungkin kamu sudah sering dengar beberapa makanan yang bisa memicu penyebab bau keringat. Sekedar mengingatkan kembali, beberapa makanan tersebut antara lain bawang putih, petai, jengkol, daging merah, makanan kaleng, dan berbagai cemilan manis dengan kandungan gula tinggi.

Meskipun belum ada bukti ilmiah apakah benar makanan tersebut menyebabkan bau keringat, tapi tetap saja kamu harus membatasi konsumsinya, karena alasan kesehatan. Sebagai gantinya konsumsilah makanan bernutrisi seperti sayur-sayuran hijau dan buah-buahan yang kaya vitamin.

5. Daun jambu biji

Jika kamu pengen menghilangkan bau badan seketika, daun jambu biji mungkin pas untuk kamu jadikan solusinya. Daun ini mengandung antibakterial alami yang dapat membunuh bakteri penyebab keringat. Saya pun sudah membuktikan sendiri keampuhan dari daun jambu biji ini.

Cara menghilangkan bau badan dengan daun jambu:
  • Tumbuk daun jambu biji yang masih muda dengan cobek.  Atau kamu juga bisa menghaluskan memakai blender
  • Gosokan halusan daun tersebut ke area ketiak yang menjadi pusat bau keringat. Diamkan sebentar sampai kering setelah itu bilas air hangat. Gampang kan?

Note: bila tidak ada daun jambu biji maka kamu bisa menggantinya dengan daun seledri, daun beluntas, atau daun sirsak. Khasiatnya sama saja kok.

6. Baking soda dan lemon

cara menghilangkan bau badan secara alami

Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan karena ia memiliki sifat menyerap keringat dan membunuh bakteri. Jangan lupa tambahkan perasan lemon agar hasilnya semakin oke.

Cara menghilangkan bau badan dengan baking soda:
  • Campur 1 sdt baking soda dengan 1 sdt perasan lemon
  • Selanjutnya oleskan campuran tersebut ke bagian lipatan-lipatan tubuh, terutama bagian ketiak yang menjadi sarang bakteri
  • Diamkan selama 10-15 menit supaya meresap. Setelah itu bilas dengan memakai air hangat.

Note: Penggunaan baking soda berlebihan dapat mengakibatkan iritasi. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan tiga hari sekali saja.

7. Daun kemangi

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini. Yup benar, daun kemangi seringkali digunakan sebagai lalapan ketika kita mengonsumsi ayam goreng, lele bakar, sate, dan sejenisnya. Kabarnya kemangi dapat menghilangkan bau mulut dan cegah hipertensi (tekanan darah tinggi).

Namun selain mengatasi bau mulut dan hipertensi, ternyata dengan konsumsi kemangi secara rutin juga sangat bagus untuk menghilangkan bau badan lho. Kandungan zat aktif dalam kemangi akan meminimalisir keluarnya keringat dari dalam tubuh, sehingga bau badan pun tak akan muncul lagi.

8. Mentimun

Timun identik dengan sayuran yang banyak mengandung air. Menurut penelitian, air mentimun ini mengandung senyawa yang bersifat antibakterial yang dapat mencegah infeksi, jerawat, dan bau badan akibat bakteri.

Nilai plus dari mentimun dibanding bahan lain adalah ia sangat ramah untuk kulit serta bisa sekaligus mencerahkan ketiakmu. Jadi sekali pakai kamu akan mendapatkan dua keuntungan, praktis kan?

Cara menghilangkan bau badan dengan timun:
  • Haluskan mentimun berserta kulit dan bijinya
  • Oleskan keseluruh bagian yang menjadi pusat keluarnya keringat, terutama ketiak
  • Diamkan hingga kering sebelum dibilas air hangat

Note: timun juga bisa mengatasi bau mulut dan bau kaki.

9. Rutinlah berolahraga

cara menghilangkan bau badan secara alami

Olahraga sangat baik sekali untuk mengurangi bau badan. Memang ketika berolahraga akan banyak keringat yang kamu keluarkan. Namun justru banyaknya keringat inilah yang sekaligus akan membuang kuman dari dalam pori. 

Tak perlu melakukan olahraga yang berat. Kamu bisa mulai dengan jogging rutin setiap pagi atau sore hari selama setengah jam. Selain membuat tubuh segar kembali, olahraga ini juga bisa mengolah ketahan fisikmu lho.

Bagaimana, tertarik mencobanya?


Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan secara alami yang bisa saya share. Bila ada yang kurang jelas atau ingin berbagi pengalaman langsung saja sampaikan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.


😊😊😊