9 Cara Menebalkan Rambut dan Merawatnya Secara Alami

Cara Menebalkan Rambut – Ada banyak faktor yang mempengaruhi ketebalan rambut seseorang, misalnya seperti faktor keturunan, polusi, nutrisi yang kurang, perawatan rambut yang tidak memadai, sampai penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat merusak rambut.

Untuk memiliki rambut yang tebal sebetulnya kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam.  Kamu bisa menebalkan rambut secara alami dengan menjaga asupan nutrisi dan melakukan perawatan di rumah memakai bahan-bahan yang murah meriah.

cara menebalkan rambut secara alami

Cara Melebatkan Rambut Secara Alami dengan Mudah

Setelah menggunakan bahan-bahan alami ini dijamin rambutmu akan lebih tebal, hitam, dan berkilau alami bak bintang iklan sampo.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa idealnya digunakan sebagai kondisioner karena kandungan proteinnya yang lumayan tinggi. Kemampuannya untuk melembabkan rambut bisa menurunkan risiko kerusakan rambut seperti bercabang atau pecah-pecah.

Selain itu minyak kelapa juga mengandung trigliserida, yaitu molekul lemak yang sifatnya mirip dengan minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit untuk menembus batang rambut lalu melidunginya dari kerusakan.

Cara menebalkan rambut dengan minyak kelapa:
  • Letakan minyak kelapa disebuah kotak, lalu rendam dengan air panas. Ini bertujuan agar minyak kelapa menjadi encer.
  • Aplikasikan minyak kelapa tadi keseluruh bagian kulit kepala dengan menggunakan jari-jarimu setelah dibasahi.
  • Pijat kulit kepala sekitar lima menit agar minyak meresap sempurna dan memicu pertumbuhan.
  • Gunakan secara rutin dan jangan lupa cuci rambutmu dua hari sekali agar folikel tidak tersumbat minyak.

2. Minyak zaitun

Salah satu manfaat luar biasa dari minyak zaitun adalah membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok.

Dengan menggunakan minyak ini maka hormon dihydrotestosterone yang sering menyebabkan kebotakan bisa dikurangi.

Cara melebatkan rambut dengan minyak zaitun:
  • Siapkan minyak zaitun dengan kualitas terbaik seperlunya.
  • Sebelum keramas aplikasikan minyak ini keseluruh area kulit kepala. Jangan lupa pijat sebentar supaya meresap sampai ke akarnya.
  • Tutupi dengan menggunakan handuk basah kurang lebih selama 30-60 menitan.
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

3. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai herbal tradisional yang memiliki banyak manfaat, termasuk salah satunya menyehatkan kulit kepala.

Tanaman ini mengandung lebih dari 20 mineral berserta vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E. Kandungan vitamin inilah yang mampu mengaktifkan pertumbuhan rambut baru dan melancarkan sirkulasi darah ke akar rambut. Mau coba?

Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya:
  • Belah lidah buaya menjadi dua bagian, lalu ambil gel di dalamnya.
  • Oleskan gel lidah buaya tadi keseluruh bagian kulit kepala secara merata.
  • Kamu bisa mengaplikasikan sebelum keramas ataupun sesudahnya. Jangan lupa pijat dan biarkan selama 30-60 menitan agar meresap hingga ke akar rambut.

4. Telur

cara melebatkan rambut secara alami

Dilansir dari lifestyle.liputan6.com, mencampurkan antara putih telur dengan dua sendok cuka hitam atau putih dapat membuat rambut mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

Perawatan rambut memakai telur ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam seminggu. Pertama basahi rambut terlebih dulu, kemudian oleskan putih telur yang sudah dicampur cuka selama 10 menit. Bilas hingga bersih dan bau amisnya hilang.

5. Pisang dan avokad

Buah alpukat atau avokad, merupakan buah kaya akan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Salah satunya yaitu protein yang dapat memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Sedangkan untuk buah pisang, ia memiliki kandungan minyak essensial tinggi yang dapat melindungi rambut dari kerontokan. Kombinasi kedua bahan alami ini dapat membantu menebalkan rambutmu lebih cepat.

Cara melebatkan rambut dengan pisang dan avokad:
  • Campurkan buah alpukat dan pisang yang sudah dihaluskan.
  • Tambah sedikit air supaya lebih encer dan mudah untuk diaplikasikan.
  • Sekarang oleskan keseluruh bagian kulit kepala. Beri pijatan sebentar supaya meresap lebih maksimal.
  • Diamkan selama 30 menit setelah itu bilas dengan air dingin sampai bersih.

6. Jeruk

Buah ini terkenal karena kandungan vitamin C-nya yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun selain bermanfaat bagi kesehatan, ternyata jeruk juga dapat membantu menguatkan rambut dan mengatasi kerontokan.

Untuk membantu menebalkan rambut, kamu bisa mengaplikasikan air perasannya secara rutin sebelum keramas. Diamkan di rambut selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Air jeruk juga dapat digunakan untuk mencegah ketombe lho. Caranya, oleskan air jeruk berserta butiran-butirannya ke seluruh kulit kepala. Lakukan satu kali dalam seminggu.

7. Kemiri

Tahukah kamu apa saja manfaat kemiri? Selain digunakan untuk memasak, ternyata minyak kemiri juga bermanfaat untuk mempertebal rambut.

Kemiri memiliki vitamin E yang berperan dalam proses penguatan rambut. Bahkan dengan penggunaan rutin kemiri dapat membuat rambutmu lebih berkilau alami.

Cara menebalkan rambut dengan kemiri:
  • Kamu bisa membeli minyak kemiri yang sudah jadi (siap digunakan), atau membuat sendiri dengan cara menyangrai kemudian menumbuknya hingga keluar minyak.
  • Aplikasikan minyak kemiri keseluruh bagian kulit kepala. Pijat sebentar kurang lebih tiga menit, lalu diamkan selama 30 menit agar meresap.
  • Bila sudah agak kering, bilas dengan menggunakan air dingin atau keramas.

8. Seledri

Meski belum ada penelitian terkait manfaat seledri untuk rambut, tapi banyak masyarakat yang sudah membuktikan khasiat daun satu ini. Mulai dari menguatkan rambut, menebalkan, menghitamkan, hingga bisa mengatasi ketombe.

Cara melebatkan rambut dengan seledri:
  • Sediakan daun seledri yang masih segar sebanyak 10 helai, lalu tumbuk hingga halus.
  • Tambahkan sedikit air dingin agar lebih encer. Setelah itu aplikasikan keseluruh kulit kepala. Jangan lupa beri pijatan lembut dengan jari.
  • Agar meresap diamkan kurang lebih selama 30-60 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin tanpa sampo.

9. Teh hijau

Teh hijau sangat terkenal akan kandungan antioksidannya. Salah satu jenis antioksidan yang baik untuk rambut di dalamnya adalah catechins.

Senyawa ini mampu menghambat pembentukan hormon dihydrostestosterone (DHT), yaitu sebuah hormon yang dapat mempersingkat umur folikel rambut.

Untuk menebalkan rambut kamu bisa mengonsumsi teh hijau secara rutin. Ingat, selama mengonsumsi teh hijau kamu dilarang mengonsumsi minuman berkafein.

Dukung dengan Nutrisi Seimbang

cara menebalkan rambut secara alami

Selain melakukan perawatan di atas, untuk melebatkan rambut secara alami perlu didukung oleh pola makan dengan nutrisi seimbang. Nutrisi yang wajib kamu penuhi antara lain seperti:
  • Protein
Salah satu faktor yang menentukan kesehatan rambut yaitu protein. Untuk memenuhi kebutuhan protein kamu bisa mengonsumsi makanan seperti telur, ikan salmon, daging, dada ayam, dan kedelai.

Selain itu, kamu juga dapat mengombinasikan biji-bijian dan kacang-kacangan dengan nasi, jagung ataupun gandum. Ini bertujuan agar tubuh mendapatkan asupan asam amino untuk produksi keratin yang tercukupi.
  • Karbohidrat
Kekurangan karbohidrat juga bisa memicu rambut rontok dan tipis. Untuk memenuhi asupan karbohidrat kamu dapat mengonsumsi nasi merah, roti, sereal dan pasta dari gandum utuh.
  • Lemak omega 3
Lemak jenis ini terdapat di selaput sel kulit kepala dan memproduksi minyak untuk menjaga kelembaban rambut, sehingga lemak omega 3 termasuk salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Untuk memenuhinya kamu bisa mengonsumsi minyak ikan yang kaya omega 3.
  • Semua jenis vitamin
Pada dasarnya semua jenis vitamin dan mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan rambut.

Misalnya seperti vitamin B, ia bisa menjadi asupan nutrisi yang sangat baik untuk rambut, terutama biotin atau vitamin B7. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambutmu rapuh atau rontok.

Sumber biotin terbaik yang bisa kamu konsumsi antara lain keju, yoghurt, telur, sereal, ayam, dan masih banyak lagi.
  • Zinc
Kekurangan mineral zinc dapat mengakibatkan kulit kepala kering dan mudah terkelupas, sehingga tak jarang yang mengalami ketombe.

Penuhi kebutuhan zinc dengan cara mengonsumsi makanan seperti telur, daging sapi, kerang, dan kacang merah secara rutin.

Tips Merawat Rambut yang Semakin Menipis

Agar mendapatkan rambut yang tebal dan sehat lebih optimal, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan antara lain:
  • Hindarilah sampo yang mengandung sulfat. Karena dapat merusak rambut. Sampo herbal sangat direkomendasikan untuk kamu pakai.
  • Hindari mencuci rambut terlalu sering. Mencuci rambut terlalu sering justru membuatnya rapuh dan mudah rontok.
  • Jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok atau membungkus menggunakan handuk. Cukup angin-anginkan saja.
  • Batasi juga penggunaan alat elektronik pada rambut. Misalnya alat pengering, pelurus, pengikal, dsb.
  • Lindungi dari sinar matahari dan polusi. Gunakan topi atau syal ketika kamu beraktivitas di luar ruangan.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Gunakan suplemen multivitamin bila diperlukan.

Itulah beberapa cara menebalkan rambut dan merawatnya secara alami. Pilihlah salah satu bahan alami yang menurutmu paling mudah, kemudian terapkan secara rutin minimal seminggu 3-4 kali. Hanya dalam waktu satu bulan saja kamu sudah akan melihat hasilnya. Selamat mencoba dan jangan lupa share hasilnya di kolom komentar ya.
Share this article :