5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut - Kutu termasuk salah satu masalah serius yang harus segera diatasi. Tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain, karena pada dasarnya kutu dapat meloncat dengan mudah ke kepala teman disekeliling kita.

Adanya kutu di bagian kulit kepala kerap sekali membuat penderitanya menggaruk-garuk kepala. Apalagi ketika kutu tersebut sedang mengisap darah, tentunya akan sangat menganggu sekali.

Jika tidak segera dihilangkan kutu betina akan bertelur sehari sebanyak enam butir. Lebih parahnya lagi telur kutu tersebut akan menetas kurang dari delapan hari. Nah, agar tak semakin parah berikut cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya yang bisa kamu coba.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami dengan Cepat

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami

1. Kapur ajaib (bukan kapur papan tulis ya)

Tahukan dengan kapur ajaib? kapur yang sering digunakan untuk mengusir kecoa, semut, dan serangga lainnya. Ternyata selain dapat mengusir serangga, kapur ajaib ini juga bisa membasmi kutu di rambut dengan cepat.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib:
  • Haluskan kapur ajaib seperlunya saja
  • Taburkan ke area kulit kepala hingga merata, jangan lupa pijat sebentar
  • Diamkan kurang lebih 15 menitan. Setelah iu keramaslah hingga bersih.

Note: gunakan kapur ajaib secukupnya, karena ia mengandung bahan kimia yang dapat memicu kerontokan rambut.

2. Cuka

Cuka sudah digunakan sejak dulu untuk menghilangkan kutu dan telurnya. Menurut penelitian, cuka mengandung senyawa asam asetat tinggi yang dapat membunuh kutu sekaligus mencegah telurnya menetas.

Namun sebelum menggunakan ada baiknya tambah air sedikit, guna mencegah iritasi kulit. Setelah tercampur air oleskan keseluruh bagian kulit kepala secara merata, diamkan 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

3. Minyak kayu putih dan nipis

Sebelumnya mungkin kamu sering menggunakan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, dan mengatasi hidung tersumbat.
Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, ternyata perpaduan antara minyak kayu putih dan perasan nipis bisa menjadi obat kutu yang cukup mujarab.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih:
  • Peras dua jeruk nipis, lalu campurkan dengan minyak kayu putih sebanyak enam sendok makan sampai merata
  • Balurkan keseluruh bagian kulit kepala secara merata. Pijat sebentar selama 5 menit dan diamkan kurang lebih 1 jam. Kemudian sisir dengan sisir khusus kutu yang bergigi rapat.
  • Setelah itu bilas dengan cara keramas sampai bersih.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk merawat rambut. Mulai dari melembabkan rambut kering, mencegah kerontokan, hingga menghilangkan kutu rambut. Gunakan minyak ini setelah keramas untuk hasil terbaik.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa:
  • Oleskan minyak kelapa secara merata keseluruh bagian kulit kepala seperlunya saja
  • Pijat sebentar selama kurang lebih 10 menit. Kemudian tutup dengan shower cap dan diamkan semalaman
  • Keesokan harinya kamu bisa mencuci rambut dengan cara keramas.

5. Bawang merah

Bawang merah memiliki kandungan sulfur tinggi yang dapat membantu membunuh kutu rambut dan telurnya. Kita bisa membuat obat kutu dari minyak bawang. Caranya langsung simak berikut ini.
  • Haluskan sebanyak 4-5 bawang merah yang masih segar
  • Masukan kedalam sebuah kain halus, lalu peras sampai menghasilkan minyak
  • Oleskan minyak bawang tadi secara merata keseluruh bagian kulit kepala
  • Agar bekerja optimal diamkan selama 1 jam, lalu sisirlah dengan sisir bergigi rapat agar kutu dapat rontok.

Bagaimana, gampang kan?

Seperti itulah cara menghilangkan kutu rambut secara alami yang bisa saya share kali ini. Cukup pilih salah satu bahan yang menurutmu paling mudah diterapkan. Hanya dengan 2-3 pengobatan saja binatang kecil menjengkelkan itu akan hilang.

Share this article :