14 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami yang Benar

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami – Rambut kering dapat muncul disebabkan karena kelembapan rambut berkurang. Ada dua faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Pertama, kulit kepala tidak bisa memproduksi minyak yang cukup sehingga rambut jadi kering. Hal ini bisa terjadi karena faktor usia. Semakin tua usia seseorang, rambut akan memproduksi minyak lebih sedikit.
 

Penyebab kedua, karena kutikula, lapisan pelindung rambut telah rusak. Kutikula rambut menjadi rusak dapat disebabkan karena kita sering menata rambut dengan catok atau pengering, mengubah tampilan rambut seperti mengeriting, meluruskan, ataupun mengecatnya. Jika sudah rusak, kutikula akan mengelupas dari rambut sehingga membuat kemampuan kutikula untuk menahan kelembapan rambut terganggu.
 

Cara Alami Mengatasi Rambut Kering dan Kusam dengan Mudah 

cara mengatasi rambut kering secara alami

Sebetulnya memiliki rambut sehat nan indah bak model-model iklan sampo bisa kamu miliki. Kuncinya adalah kamu harus telaten dalam melakukan perawatan rambut kering. Berikut beberapa cara mengatasi rambut kering secara alami yang bisa kamu coba terapkan.  

1. Minyak zaitun 

Tahukah kamu apa saja manfaat minyak zaitun? Minyak ini diperkaya dengan kandungan vitamin E tinggi yang dapat membantu merawat kesehatan kulit dan rambut. Tidak hanya dapat menjaga kelembapan rambut saja, tetapi untuk memperbaiki lapisan rambut yang telah rusak.
 

Cara mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun:
  • Siapkan minyak zaitun kualitas terbaik secukupnya
  • Basahi rambut dengan menggunakan air dingin. Lalu biarkan setengah kering
  • Balurkan minyak zaitun tadi secara merata keseluruh bagian rambut sambil memijat kulit kepala
  • Agar meresap optimal diamkan kurang lebih 30-60 menitan
  • Setelah itu bilas dengan memakai air hangat sampai bersih.

2. Minyak kelapa 

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi rambut kering adalah minyak kelapa. Kandungan nutrisi serta manfaat minyak kelapa dengan minyak zaitun pada dasarnya sama. Jadi, minyak ini bisa menjadi alternatif bila kamu kesulitan mendapatkan minyak zaitun.
 

Cara alami mengatasi rambut kering dengan minyak kelapa:
  • Sediakan minyak kelapa yang sudah siap pakai seperlunya
  • Keramasi rambut seperti biasanya sampai bersih, lalu tunggu hingga setengah kering
  • Balurkan minyak kelapa merata keseluruh bagian rambut
  • Pijat sebentar pada bagian kulit kepala agar meresap
  • Setelah itu bilas dengan memakai air hangat sampai bersih.

3. Mayonaise 

Mayonaise mengandung protein tinggi yang cukup berkhasiat untuk rambut. Manfaat mayonaise banyak sekali, mulai dari menghaluskan rambut, mengkilaukan rambut, sampai dengan melembapkan rambut. Gunakan mayonaise secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara mengatasi rambut kering dengan mayonaise:
  • Gunakan mayonaise secukupnya ke bagian kulit kepala dan rambut setelah keramas
  • Biarkan mayonaise bekerja kurang lebih selama satu jam. Bila perlu, tutup dengan memakai penutup kepala atau handuk hangat
  • Setelah itu bilas rambut dengan memakai air hangat hingga bersih.

4. Gunakan kuning telur 

Berbicara mengenai protein, telur terbilang cukup tinggi. Para ahli perawatan rambut merekomendasikan agar kamu memakai kuning telur untuk mengatasi rambut kering. Meskipun baunya sangat tidak sedap, tapi jika dilakukan telaten selama 2 bulanan rambut kamu akan terlihat sehat alami.
 

Cara mengatasi rambut kering dengan telur:
  • Siapkan satu butir kuning telur yang sudah dipisah dari putihnya
  • Agar bau amisnya tak menyengat kamu bisa menambahkan sedikit perasan lemon atau nipis
  • Oleskan merata keseluruh bagian rambut setelah selesai keramas
  • Jangan lupa pijat sebentar kurang lebih 30 detik, lalu diamkan selama 30 menit
  • Jika sekiranya sudah meresap sempurna, bilas dengan memakai air hangat.

5. Cuka apel 

Cuka apel mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan oleh rambut. Mulai dari vitamin, mineral alami, pelembap, dan sebagainya. Ia tidak hanya mengatasi rambut kering saja, tapi juga membuatnya berkilau secara alami.
 

Cara mengatasi rambut kering dengan cuka apel:
  • Siapkan setengah cangkir cuka apel, air secukupnya, dan satu sendok makan minyak gandum
  • Usahakan ramuan yang kamu buat encer sehingga mudah diaplikasikan
  • Oleskan campuran tadi secara merata keseluruh bagian rambut setelah keramas
  • Diamkan kurang lebih 30 menit sambil ditutup handuk hangat agar meresap
  • Jika sekiranya sudah meresap, bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Madu alami 

Madu diperkaya dengan kandungan antioksidan yang dapat membantu melancarkan sirkulasi di bagian kulit kepala. Apabila sirkulasi darah lancar, maka secara otomatis akan meningkatkan produksi minyak alami rambut.
 

Selain itu, madu juga memiliki kandungan vitamin E yang berkhasiat memperbaiki kerusakan rambut secara alami.
 

Cara mengatasi rambut kering dengan madu alami:
  • Keramasi dulu rambut kamu sampai bersih seperti biasanya
  • Selanjutnya oleskan madu secara merata keseluruh bagian rambut
  • Jangan lupa pijat sebentar. Kemudian diamkan kurang lebih 30 menit
  • Bilas madu tadi dengan memakai air dingin sampai bersih

Cara Merawat Rambut Kering dan Kusam yang Benar 

Setelah rambut kering teratasi bukan berarti kamu berdiam saja. Agar tak kering lagi diperlukan perawatan lanjutan. Bagaimana caranya?
 

1. Cuci rambut dua hari sekali
 

Kebiasaanmu mencuci rambut setiap hari sebetulnya dapat mengurangi kelembapan. Jika kamu merasa kondisi rambut masih normal, tidak terlalu berminyak, maka kamu tidak perlu mencucinya.
 

Namun apabila kamu ingin menjaga kebersihan dan kesegaran rambut, kamu boleh mencucinya dengan syarat menyelang-nyeling sampo dan kondisioner. Ketika mencuci rambut, utamakan menggosok kulit kepala, bukan rambutnya.
 

2. Pilih produk perawatan yang tepat
 

Pilihlah sampo, conditioner, gel, atau produk perawatan rambut lainnya yang ditujukan untuk merawat rambut kering. Produk yang ditujukan untuk rambut kering memiliki kadar pH rendah agar bisa melembapkan rambut.
 

Selain kadar pH, kamu juga harus melihat beberapa kata kunci seperti thermal protection, anti-aging, atau intense moisture pada kemasan produk.
 

Sedangkan khusus untuk conditioner, kamu bisa memilih produk dengan kandungan seperti sodium PCA, sodium lactate, propylene glycol, glycerin, atau glyceryl stearate.
 

3. Hindari penggunaan alat bersifat panas
 

Mulai sekarang hindari pemakaian alat-alat panas untuk rambut, seperti pengeriting, pengering, pelurus rambut terlalu sering. Alat-alat bersifat panas tersebut dapat merusak kutikula sehingga membuat rambut kering.
 

4. Hindari mengikat rambut
 

Meski terlihat sepele, sebenarnya mengikat rambut itu tidak bagus. Ikatakan 
rambut dapat merusak lapisan kutikula. Selain nantinya menyebabkan rambut rusak, ikatan yang terlalu kencang juga mengakibatkan kerontokan rambut.
 

5. Pakai pelindung rambut
 

Cuaca ternyata bisa pula merusak rambut kamu, jadi sebaiknya hindari rambut terpajan sinar matahari, udara dingin, atau berangin. Jika kamu ingin tetap beraktivitas di cuaca panas atau berangin, gunakan pelindung rambut seperti topi atau produk yang memberikan pelindungan rambut dari matahari.
 

6. Sisir rambut dengan benar
 

Apakah kamu suka menyisir rambut yang masih basah? Mulai sekarang sebaiknya kamu hentikan. Kebiasaan menyisir rambut yang masih basah dapat menyebabkan rambut rontok, kering, dan bahkan bercabang. Karena pada saat basah rambut masih dalam keadaan rapuh.
 

Selanjutnya jangan gunakan dulu sisir bergigi terlalu rapat. Pilihlah sisir dengan gigi renggang agar rambut mudah disisir dan tidak menyebabkan kerontokan. Sisirlah perlahan-lahan mulai dari pangkal rambut sampai ujung.
 

7. Beri vitamin rambut
 

Berbeda dengan serum, vitamin rambut cenderung lebih ringan formulanya. Kini ada banyak kok produk vitamin untuk rambut yang dijual dipasaran. Kamu bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Berikan vitamin untuk rambut minimal satu kali dalam seminggu.
 

8. Hindari berenang
 

Bagi kamu yang hobi renang, ada baiknya untuk saat ini kurangi renang terlebih dulu. Berenang di laut yang tinggi kadar garamnya dapat membuat rambut mudah kering.
 

Begitu juga dengan berenang di kolam dengan kadar klorin tinggi. Tidak hanya menyebabkan rambut kering saja, tetapi garam dan klorin juga bisa mengakibatkan kulit kusam.
 

Itulah cara mengatasi rambut kering dan kusam yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Apabila ada yang masih kurang jelas atau ingin berbagi pengalaman langsung saja tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.
Share this article :